Contoh Pidato Dampak Negatif Gadget

Dampak Negatif Gadget bagi Kesehatan

*                                Yang saya hormati Ibu Tutik, selaku guru Bahasa Indonesia, dan teman-teman yang saya cintai. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan yang sehat dan cuaca yang mendukung.

Pada pagi yang indah ini, saya akan berpidato  mengenai dampak negative dari penggunaan gadget bagi kesehatan. Di era globalisasi seperti sekarang ini, tentu tidak sulit untuk mendapatkan barang-barang yang canggih seperti gadget, contohnya adalah smartphone, android, dan tablet. Gadget memang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita, yang sudah pasti menunjang kemudahan dalam beraktivitas, seperti mempermudah kita dalam berkomunikasi, mudahnya mendapatkan sumber informasi, dan sebagai sarana hiburan. Akan tetapi, apakah kita menyadari dampak negatifnya? Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang mengacuhkan resiko dari kesenangan mereka, begitu juga dengan dampak negative dari gadget. Jika ada dampak positif, maka ada dampak negative, itu sudah pasti. Kita hanya tidak mau mempedulikannya dan malah terhanyut dalam dampak positifnya saja. Padahal dampak negative dari gadget banyak terdapat di berbagai bidang.  Salah satunya dampak negative gadget terhadap kesehatan.


*                                Contohnya kelelahan pada mata. Menatap layar kecil dilengkapi dengan huruf berukuran ‘mini’ bisa menyebabkan kelelahan pada mata, penglihatan kabur, pusing, dan mata kering. Selain itu, penglihatan kabur dan otot leher yang sakit juga bisa memicu sakit kepala. Bahkan, kecanduan pada gadget dapat menimbulkan resiko mata minus. Yang kedua adalah masalah pendengaran. Teman-teman yang saya kasihi, menurut para ahli, 85 desibel dapat mengubah rambut mikroskopis dari telinga bagian dalam ke jaringan bekas luka. Salah satu yang mungkin jarang kita dengar adalah penggunaan gadget atau ponsel selama lebih dari 18 jam dalam satu hari dapat menurunkan produksi sperma pada seorang lelaki. Nyeri punggung juga dapat terjadi jika kita terus-menerus menggunakan gadget dalam posisi duduk yang salah, sehingga mempengaruhi punggung dan pertumbuhan tulang. Walaupun hanya dikenal sebagai “keasikkan bermain gadget”, hal ini dapat menimbulkan dampak yang cukup fatal bagi kesehatan selain dari yang sudah saya sebutkan tadi. Kanker, adalah penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Radiasi yang dikeluarkan gadget merupakan penyebab kanker seperti leukemia, kanker kulit, kanker tiroid, kanker payudara, dan kanker perut. Radiasi dari gadget juga memperlambat laju perkembangan otak janin dan bahkan dapat menyebabkan janin menjadi hiperaktif.

*                              Teman-teman yang saya sayangi, kesimpulannya adalah walaupun kecanggihan gadget sangat bermanfaat bagi kita sekarang ini, dan sangat menunjang kemudahan beraktivitas dalam kehidupan kita, gadget bisa menjadi musuh terbesar dan musuh terdekat kita, karena sekarang ini gadget hampir tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, hampir semua orang di dunia memilikinya. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, kita dapat melihat bahwa sekarang manusia tidak bisa terlepas dari gadget. Demi menjaga keseimbangan antara memanfaatkan gadget dengan baik, serta melindungi diri kita dari dampak negative gadget, kita semua sebagai manusia yang berpendidikan, harus bisa memanfaatkan gadget dengan sebaik-baiknya. Gadget hanyalah suatu alat yang memudahkan kita dalam melakukan sesuatu, bukanlah sebuah alat yang harus kita junjung tinggi. Sebaiknya, kita harus bisa memilah-milah mana kebutuhan yang paling penting bagi kita. Kita boleh menikmati perkembangan teknologi, tetapi kita harus ingat akan resiko dari penggunaannya yang berlebihan, sehingga kita terhindar dari berbagai dampak negative yang bisa mengancam kesehatan kita.

            Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatian , selamat pagi.

2 Komentar untuk "Contoh Pidato Dampak Negatif Gadget"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel