Pengertian & Konsep Jaringan LAN WAN

Halooo

selamat datang di sulameto, blog ini berisi tentang informasi di dunia komputer baik untuk sebagia tutorial maupun sebagai cara untuk mendapatkan informasi tentang dunia komputer. Salah satunya adalah tentang Pengertian & Konsep Jaringan LAN WAN



Jaringan komputer/ jaringan  adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya /sharing, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi.
            

Tujuan dari jaringan komputer antara lain seperti :

1.     Berbagi sumber daya/ sharing
Pada jaringan komputer setiap komputer yang terhubung dapat saling membagikan data , aplikasi serta hardware, data tersebut bisa berupa gambar, suara, video, data, dll.

2. Berkomunikasi
Setiap komputer yang saling terhubung dapat memanfaatkan jaringan sebagai media untuk berkomunikasi antar user yang berjauhan tempat dimana dalam hal ini harus ada perangkat tambahan seperti phone, HT, dll.

3. Mengakses informasi (internet)
Informasi-informasi yang terdapat pada suatu komputer dapat diakses melalui jaringan yang terhubung dengan internet.

Konsep Jaringan Lan
Local Area Network / LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

            Karakteristik Jaringan LAN

1. Kumpulan kecil dari komputer-komputer, printer, scanner, dan perangkat lainnya yang saling terhubung sehingga terbentuk suatu jaringan.
2.  Jumlah dari komputer-komputer tersebut biasanya kurang dari 100.
3.    Jarak jangkau kumpulan perangkat tersebut kurang dari 1000 kaki
4.   LAN adalah jaringan dasar untuk membentuk jaringan luar

Konsep Jaringan WAN
Wide Area Network / WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Karakteristik Jaringan WAN
1.    Jangkauan sangat jauh
2.    Menghubungkan dua lokasi atau lebih yang terpisah
3.    Menghubungkan ke jaringan lain

Belum ada Komentar untuk "Pengertian & Konsep Jaringan LAN WAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel