21 Manfaat Istimewa Sorgum Untuk Hidup Manusia



Sorgum dengan nama latin (Shorgum bicolor (L.) Moench) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber hijauan bagi ternak ruminansia, bijinya dapat digunakan untuk bahan pangan maupun pakan dan batangnya dapat diproses untuk bioenergy.

Keunggulan sorgum dengan tanaman pangan lainnya pada daya adaptasinnya, toleran terhadap kekeringan, produktivitas tinggi dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Saat ini telah banyak tersedia varietas sorgum yang telah diperbaiki produksinya untuk dibudidayakan baik untuk serealia, hijauan pakan maupun untuk tujuan ganda yaitu pangan dan pakan. Biji sorgum dapat dijadikan tepung untuk menggantikan terigu dan dapat diolah menjadi bermacam makanan, seperti mi, roti, cake, kue kering serta makanan lainnya.

Apa itu Sorgum?

Tanaman yang biasa dikenal masyarakat Jawa dengan nama “cantel” atau dalam beberapa bahasa lokal di Flores yang dikenal dengan “watar” ini sekeluarga dengan tanaman serealia seperti  padi, jagung, dan gandum serta tanaman lain seperti bambu dan tebu. Sorgum memiliki tinggi rata-rata 2,5 sampai 4 meter. Pohon dan daun sorgum sangat mirip dengan jagung. Daun sorgum berbentuk lurus memanjang. Biji sorgum berbentuk bulat dengan ujung mengerucut, berukuran diameter sekitar 2 mm. Satu pohon sorgum mempunyai satu tangkai buah yang memiliki beberapa cabang buah.

Biji sorgum bicolor mempunyai kandungan tak kalah dengan tepung serealia yang lain, seperti jagung, gandum, dan barley. Biji sorgum mengandung tiga jenis karbohidrat yaitu, pati, gula terlarut, dan serat. Kandungan gula terlarut pada sorgum terdiri dari sukrosa, glukosa, fruktosa dan maltosa.  Sorgum juga mengandung serat tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan, masing-masing sebesar 6,5% - 7,9% dan 1,1% - 1,23%.  Kandungan protein pun seimbang dengan jagung, kandungan protein sorgum adalah sebesar 10,11% sedangkan jagung 11,02%.

Kandungan pati, sorgum 80,42% sedangkan jagung 79,95%. Hanya saja yang membuat tepung sorgum sedikit peminat adalah karena tidak adanya gluten seperti pada tepung terigu. Masyarakat kita sudah terlanjur tercebur dalam nikmatnya elasitisitas terigu, karena tingginya gluten, dan inilah yang membuat adonan mie, dan roti menjadi elastis.

Selain itu, biji sorgum juga dikenal sebagai bahan baku pembuatan sereal paling penting nomor 5 di dunia, maka dari itu banyak sereal yang memasang gambar biji sorgum saat ini. Bukan itu saja, biji sorgum juga dapat dijadikan makanan pengganti bagi orang-orang yang alergi dengan gandum. Tidak heran jika sorgum juga menjadi salah satu makanan pokok di dunia. Hal ini dikarenakan pada sorgum terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi seperti riboflavin, niacin, thiamin. Selain itu, biji sorgum juga dilengkapi dengan mineral penting seperti zat besi, tembaga, kalium, fosfor dan magnesium.

Kerajaan: Plantae

Divisio: Spermatophyta

Kelas: Monocotyledonae

Suku: Poaceae

Marga: Shorgum

Spesies: Shorgum.sp. → Shorgum bicolor (L.) Moench.

Sumber :

Shorgum bicolor (L.) Moench. Food and Agriculture Organization (FAO)


Berikut 21 manfaat sorgum untuk kesehatan Manusia


1. KESEHATAN PENCERNAAN

Biji sorgum merupakan tumbuhan yang mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada satu porsi sorgum dapat memenuhi kebutuhan serat pada tubuh kita dalam sehari.

Sepertinya kebanyakan makanan sehat, sorgum juga mengandung serat yang berfungsi meningkatkan sistem pencernaan. Satu porsi tunggal sorgum mengandung 48% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi serat.

Jika pencernaan sehat, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dicerna dengan baik sehingga terhindar dari gangguan pencernaan seperti asam lambung, sembelit, diare, kembung, dan lainnya.


2. KESEHATAN JANTUNG

Jumlah serat yang diperoleh dari mengkonsumsi sorgum akan membantu tubuh untuk mengikis kolesterol berbahaya (LDL), sehingga akan meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi tubuh dari kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. MENCEGAH KANKER

Lapisan butir sorgum mengandung antioksidan penting yang tidak ditemukan di banyak jenis makanan lain. Dibandingkan dengan gandum dan jagung, antioksidan dalam sorgum ini lebih efektif mengurangi pertumbuhan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan.

Pada biji sorgum terdapat lapisan katul yang mengandung antioksidan yang jarang ditemukan pada makanan lain. Kandungan antioksidan pada biji sorgum ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh maka dapat merubah sel-sel yang sehat berubah menjadi sel kanker. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi biji sorgum secara tidak langsung juga mencegah timbulnya penyakit kanker.

4. MENGONTROL DIABETES

Sorgum memiliki enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh, membantu mengatur insulin dan dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita diabetes tidak akan mengalami peningkatan kadar glukosa, sehingga akan mencegah shock diabetes dan komplikasi kesehatan lainnya.

5. MENGONTROL CELIAC

Meskipun celiac tergolong penyakit baru, akan tetapi penyakit ini banyak menyita perhatian dunia. Penyakit celiac adalah alergi parah terhadap gluten, yang terutama ditemukan dalam produk gandum.
Akan tetapi, sorgum termasuk biji-bijian yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh mereka yang menderita celiac ini tanpa peradangan yang menyakitkan, mual, dan kerusakan gastrointestinal yang disebabkan oleh gluten.

6. KESEHATAN TULANG

Magnesium tinggi yang terdapat dalam sorgum akan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Mineral ini juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang dan mempercepat penyembuhan tulang yang rusak atau mengalami penuaan. Sehingga, sorgum juga dapat bermanfaat untuk mencegah kondisi seperti osteoporosis dan arthritis.

7. PERKEMBANGAN SEL DARAH MERAH

Sorgum juga mengandung tembaga, dimana tembaga ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Hal inilah yang akan menurunkan risiko terkena anemia. Dengan tercukupinya zat besi dan tembaga dalam sistem tubuh, maka akan meningkatkan perkembangan sel darah merah.
Perkembangan sel darah merah ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan sel, serta meningkatkan pertumbuhan rambut dari kulit kepala.

8. KESTABILAN ENERGI

Niacin (vitamin B3) adalah komponen kunci yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar bagi tubuh. Sorgum mengandung 28% dari asupan yang direkomendasikan niacin per hari, sehingga dengan mengkonsumsi sorgum dapat memperlancar metabolisme yang akan meningkatkan kestabilan energi dalam tubuh.

9. KESEHATAN TIROID

Mangan adalah komponen dari tiroksin yang merupakan hormon penting dalam kelenjar tiroid. Sorgum kaya akan  mangan yang bermanfaat untuk membantu fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh.

10. MENINGKATKAN DAYA KOGNITIF

Fungsi otak dan neurotransmitter berasal dari fosfor. Fosfor yang terkandung dalam sorgum akan membantu menjaga respon emosi, neuron dan hormon, sehingga akan mencegah terjadinya penurunan daya kognitif dan gangguan usia seperti penyakit alzheimer.

11. Menambah Stamina dan Tenaga

Vitamin B6 yang terdapat pada sorgum merupakan kunci penting untuk mengubah senyawa makanan menjadi energi yang digunakan untuk setiap gerak langkah tubuh kita. Dengan mengkonsumsi sorgum maka energi tubuh anda dapat terjaga sepanjang hari sehingga anda bisa menjalankan rutinitas harian dengan lebih semangat.

12. Mengontrol Gula Darah

Pada katul biji sorgum terdapat kandungan zat tannin yang memiliki enzim yang dapat menghambat proses penyerapan pati oleh tubuh sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulin dan juga kadar glukosa dalam tubuh. Dengan begitu, maka penderita diabetes tidak perlu takut terjadi peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh. Maka dari itu, sorgum menjadi makanan pengganti untuk penderita diabetes.

13. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi yang terdapat pada sorgum juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit anemia.

14. Anti oksidan alami

Manfaat biji sorgum yang tidak kalah pentingnya yaitu mampu menjadi anti oksidan yang alami karena mengandung banyak gizi yang baik dalam mencegah efek buruk akibat radikal bebas. Tubuh Anda tidak akan dengan mudah terjangkit penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya akibat radikal bebas.

15. Mencegah penyakit anemia

Kandungan zat besi yang ada dalam biji sorgum mampu mencegah penyakit anemia. Jika Anda memiliki penyakit ini, maka tandanya Anda kekurangan sel darah merah. Mengonsumsi biji yang satu ini akan membantu tubuh dalam mempercepat proses pembentukan sel darag merah dalam tubuh.

16. Baik untuk kesehatan gigi

Jika biji sorgum baik untuk menyehatkan tulang Anda, maka khasiat yang sama juga bisa Anda dapatkan untuk gigi. Gigi Anda akan lebih terjaga kesehatannya dengan bantuan biji ini. Selain menggosok gigi setiap hari, jangan lupa untuk mengatur pola makan yang benar dengan rutin.

17. Mencegah osteoporosis
18. Meningkatkan sistem imun
19. Mencegah keletihan
20. Menyehatkan organ usus
21. Anti sembelit



Efek Mengkonsumsi Sorgum

Tidak ada peringatan khusus atau larangan untuk mengkonsumsi sorgum. Akan tetapi seperti halnya makanan pada umumnya, sorgum juga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang sensitif terhadap makanan.

Lalu bagaimana cara terbaik mendapatkan nutrisinya?

Sorgum paling baik dimakan dalam bentuk biji utuh untuk mendapatkan nutrisi terbanyak, kurang lebih bisa disajikan seperti nasi.

Caranya rendam sorgum utuh selama 8 jam atau semalaman untuk memecah enzim dan membuatnya lebih mudah dicerna. Kemudian rebus dengan air yang 3 kali lebih banyak darinya selama sekitar satu jam atau sampai lunak. Jika ingin lebih mudah, masaklah dalam penanak nasi.

Namun di beberapa negara, sorgum dimakan dalam bentuk bubur atau direbus langsung untuk campuran berbagai hidangan. Bahkan tepung sorgum yang bebas gluten menjadi pengganti populer tepung terigu.



Semua produk olahan sorghum memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sehingga, bagi mereka yang mengalami obesitas harus mempertimbangkan takaran untuk megkonsumsi sorgum karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan juga peningkatan kadar gula darah apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Semua manfaat biji sorgum diatas bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi biji sorgum secara rutin. Selain untuk kesehatan, ternyata biji sorgum juga bisa digunakan untuk bahan baku pakan ternak loh sehingga hewan ternak menjadi lebih sehat dan kuat.



sumber :
-https://www.jagapati.com/artikel/10-Manfaat-Sorgum-untuk-Kesehatan.html
-https://www.biodiversitywarriors.org/manfaat-sorgum-yang-perlu-kita-ketahui.html
-https://mobnasesemka.com/manfaat-biji-sorgum/
-https://www.khasiat.co.id/biji/biji-sorgum.html

1 Komentar untuk "21 Manfaat Istimewa Sorgum Untuk Hidup Manusia"

  1. Anonim12.41

    21 Manfaat Istimewa Sorgum Untuk Hidup Manusia - Sulameto >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    21 Manfaat Istimewa Sorgum Untuk Hidup Manusia - Sulameto >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    21 Manfaat Istimewa Sorgum Untuk Hidup Manusia - Sulameto >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK dK

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel