5 Contoh Teks Eksplanasi Bahaya Narkoba

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaiman suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya dan lainnya bias terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Struktur Teks Eksplanasi
-         Identifikasi fenomena
-         Proses kejadian
-         Ulasan

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
·        Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants). Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan udara.
·        Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah.
·        Lebih banyak menggunakan verba material dan verba relasional (kata kerja aktif).
·        Menggunakan konjungsi waktu dan kausal. Contohnya penggunaan: sehingga, sebelum, pertama, jika, bila,  dan kemudian.
·        Menggunakan kalimat pasif.
·        Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi Bahaya Narkoba


Contoh 1
http://myblogmafasamalikall.blogspot.com/2018/08/teks-eksplanasi-penyalahgunaan-narkoba.html


TEKS EKSPLANASI “PENYALAHGUNAAN NARKOBA”
 
(Pernyataan Umum)
            Penyalahgunaan narkoba adalah pemakaian obat-obatan atau zat-zat berbahaya dengan tujuan bukan untuk pengobatan, penelitian, menghilangkan rasa sakit rangsangan, semangat dan halusinasi apabila digunakan tanpa mengikuti aturan atau dosis yang benar dapat menimbulkan bahaya adanya adiksi/ketergantungan obat (ketagihan).  Obat-obatan yang biasa disalahgunakan seperti narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

(Urutan Sebab-Akibat)
Penyalahgunaan narkoba terjadi akibat salah pergaulan dan rasa keingintahuan yang kuat serta mudahnya dalam mendapatkan obat-obatan tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Yang pertama, faktor diri yaitu faktor yang ditimbulkan dalam diri orang tersebut seperti mencoba-coba kerana penasaran dan keinginan untuk bersenang senang. Yang kedua, faktor lingkungan yaitu faktor yang berasal dari lingkungan sekitarnya seperti keluarga bermasalah dan bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba. Yang ketiga, faktor ketersediaan narkoba seperti narkoba semakin mudah didapat dengan harga yang terjangkau dan bisnis narkoba menjanjikan keuntungan yang besar. Penggunaan obat-obatan terlarang secara terus-menerus dapat menyebabkan kecanduan. Jika sudah kecanduan, maka orang tersebut akan melakukan segala hal untuk mendapatkannya.  Penyalahgunaan narkoba yang dilakukan seseorang akan berdampak negatif pada dirinya sendiri seperti mengalami perubahan sikap, sering membolos, suka mencuri untuk membeli narkoba, mengalami kegilaan dan juga yang lebih mengkhawatirkan adalah kematian.

(  Interpretasi )
         Penyalahgunaan narkoba sudah banyak terjadi dikalangan masyarakat. Adapun cara mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba yaitu berikan pendidikan agama sejak dini agar mengetahui mana yang baik dan yang buruk, awasi pergaulan disekolah maupun diluar sekolah, dan  berikanlah perhatian khusus agar ia tidak perlu mencari kesenangan dengan cara yang salah. Oleh karena itu , harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.


Contoh 2 
http://tamanbahasaindonesia.blogspot.com/2016/06/teks-eksplanasi-narkoba.html


Pernyataan Umum
Narkoba adalah obat/bahan berbahaya atau zat aditif yang tergolong psikotropika yang berasal dari tanaman maupun non tanaman yang dapat menimbulkan perubahan kesadaran dan hilangnya rasa atau nyeri tang diderita oleh seseorang. Jenis-jenis narkoba seperti heroin, ganja, opium, sabu-sabu, dan lain-lain.

Urutan Sebab Akibat 1
Menurut pakar kesehatan. Narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian diluar peruntukan dan dosis semestinya.

Urutan Sebab Akibat 2
Efek yang ditimbulkan terhadap pemakai narkoba yaitu halusinogen, stimulan, depresan, aditif. Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tidak bisa dicegah mengingat hampir seluruh penduduk dunia dengan mudah mendapatkan narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga.

Urutan Sebab Akibat 3
Stres, kekacauan, kebingungan dan problematika lainnya menyebabkan seseorang akan kehilangan kesadaran dan biasanya hanya berfikir pendek untuk mencari ketenangan. Dan solusi tercepat bagi sebagia orang yaitu dengan mengkonsumsi narkoba tanpa mempertimbangkan akibat penggunaannya. Ketika seseorang telah mecobanya maka akan cenderung ketergantungan zat ini. Padahal efeknya buruk belum tentu dirasakan dalam jangka waktu yang pendek tetapi juga dapat mengakibatkan kontraksi yang membahayakan dan berkepanjangan bahkan bisa berujung kematian.

Urutan Sebab Akibat 4
Tekanan jiwa seseorang yang telah menggunakan obat akan mendorong untuk agar senyawa tersbut harus dipenuhi tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Menurut hasil penelitian BNN kasus narkoba pada tahun 2014 meningkat hingga 4.986 kasus. Apabila narkoba akan terus disalahgunakan, maka harapan bangsa akan rusakdan hancur hanya karena narkoba. Oleh karena itu, harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.


Contoh 3
http://dikaespero.blogspot.com/2015/05/teks-eksplanasi-narkoba-yang-merajalela.html


Narkoba Yang Merajalela

Pernyataan Umum
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

1.Urutan Sebab-Akibat
Terlalu terbukanya sosial media untuk semua kalangan menyebabkan narkoba semakin marak di Indonesia. Sosial media sangatlah berperan di kehidupan ini. Karena melalui sosial media bisa terjadi jual beli secara online. Dan untuk jual beli itu tidak terbatas, apapun pasti ada di via online. Pemerintah juga kurang memperhatikan masalah jual beli via online yang sangat memprihatinkan ini. Narkobapun ikut mengisi situs jual beli online. Hal itu menyebabkan narkoba semakin mudah didapat di Negara Indonesia ini.

2. Urutan Sebab-Akibat
Mudah masuknya orang asing di Indonesia juga menyebabkan narkoba di Indonesia merajalela. Seharusnya pemerintah menangani masalah orang asing yang mudah masuk di Indonesia. Orang asing itu dengan mudah membawa pengaruh buruk terhadap masyarakat Indonesia. Meskipun orang Indonesia sendiri telah mengenal narkoba mulai dari dulu, namun dengan adanya pengaruh dari orang asing itu membuat orang Indonesia semakin tertarik menggunakan narkoba. Karena harga narkoba yang sangat ekonomis membuat obat yang satu ini digemari.

3. Urutan Sebab-Akibat 
Kurang tegasnya hukum di Indonesia adalah sebab dari peredaran narkoba di Indonesia. Para gembong narkoba merasa masih aman mengedarkan narkoba di Indonesia. Mereka merasa aman karena Indonesia hanya diancam hukuman mati. Hukuman mati masih ditimbang-timbang dengan kesalahan yang mereka perbuat. Belum sepenuhnya mereka akan dihukum mati. Akibatnya para gembong semakin merajalela, mereka mengajak teman mereka untuk melanjutkan prostitusi narkoba dengan laba yang sangat menguntungkan sekali.

4. Urutan Sebab-Akibat
Kurangnya penjagaan dari petugas keamanan yang ada di lapas juga menjadi sebab utama narkoba masih ada dimana-mana. Para gembong narkoba bisa melakukan prostitusi narkoaba dengan teman mereka yang ada di luar lapas sana. Para gembong dengan mudah menghubungi temannya lewat via telephon yang ada di  dalam lapas. Dan kejadian seperti itu selalu aman karena tanpa diketahui oleh penjaga keamanan lapas. Seharusnya setiap lapas di Indonesia dilengkapi dengan alat perekam  yang digunakan untuk merekam setiap percakapan yang ada di telephon. Dengan demikian, prostitusi narkoba lewat dalam sel tidak terjadi lagi. Akibat dari prostitusi narkoba lewat dalam sel adalah tidak terdeteksinya para gembong lain yang ada di luar sel. Dengan begitu narkoba semakin mudah didapat di Indonesia. Bahkan melalui brownies dan roti kering yang dijual di via online kita sudah bisa mendapatkan narkoba.


Contoh 4
http://semuapengetahuan9.blogspot.com/2018/05/teks-eksplanasi-singkat.html

Teks Eksplanasi narkoba Paling Singkat


Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan darinarkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.Penyebab orang menyalahgunakan narkoba adalah,Faktor Individu,fakktor Individu,faktor lingkungan,dan lain lain. Dampak penyalahgunaan Narkoba.

     Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai.Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.


Contoh 5
https://contohwoke.blogspot.com/2017/12/contoh-teks-eksplanasi-narkoba.html

Image Gallery of Contoh Teks Eksplanasi Narkoba


Tags: Contoh teks eksplanasi narkoba beserta atau, contoh teks eksplanasi narkoba beserta akar, contoh teks eksplanasi narkoba beserta biodata, contoh teks eksplanasi tentang bahaya narkoba, contoh teks eksplanasi tentang narkoba, contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor, contoh teks eksplanasi sosial, contoh teks eksplanasi kompleks, contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi, contoh teks deskripsi, teks eksplanasi singkat bahaya narkoba teks eksplanasi narkoba dikalangan remaja kesimpulan teks eksplanasi narkoba interpretasi teks eksplanasi narkoba contoh teks eksplanasi

Belum ada Komentar untuk "5 Contoh Teks Eksplanasi Bahaya Narkoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel