Contoh Teks Pidato Tentang Sampah Plastik


Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Bapak Imron , dosen Bhs Indonesia yang saya hormati, serta teman-teman sekalian yang saya banggakan.

Puji serta syukur marilah kita haturkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang begitu banyak, di antaranya nikmat sehat sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di sini. Sholawat dan salam kepada Rasulullah Muhammad saw. ~

Teman-teman yang saya banggakan,
Salah satu anugerah yang diberikan Tuhan YME yang paling indah adalah alam ya. Lingkungan.
Apakah teman-teman tahu bahwa sampah plastik di Indonesia begitu banyak, sehingga Indonesia tercatat sebagai negara penyetor sampah plastik ke lautan kedua terbesar di dunia? Padahal Indonesia adalah Negara maritim, bahkan Indonesia termasuk negara dengan laut terluas di dunia. Ironis bukan.
Tingginya pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran laut di Indonesia juga tidak bisa “dilupakan”. Bahkan pada 2010, Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai Sungai Paling Tercemar di Dunia oleh huffingtonpost.com. World Bank juga menempatkan Jakarta sebagai kota dengan polutan tertinggi ketiga setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City.

Diperkirakan 80% atau setara dengan 7 buah lapangan sepak bola hutan di bumi telah hancur. Sebanyak 2.000 pohon ditebang setiap harinya di dunia. Mengenai maritimnya Indonesia, pastilah terdapat banyak pantai yang memiliki potensi tinggi. Potensi dijadikan obyek wisata, potensi untuk menjadi habitat2 yg baik utk makhluk laut, dll. Namun, apa salah satu faktor yang merusak pantai2 tsb? Sampah.

Sebenarnya kita miris tidak sih mendengar fakta2 tsb? Seringkali diutarakan di sosmed, berita, dll. Bukannya apa atau bagaimana ya, karena itulah realita yang terjadi di lingkungan kita sekarang.

Teman-teman yang Berbahagia,
Pertama-tama perlu kita ketahui lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia, tempat kita tinggal. Maka kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita.

Beberapa cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah dengan menjaga kebersihannya, dapat dilakukan dengan cara paling mudah yaitu membuang sampah pada tempatnya. Tidak berbiaya, dan tidak memakan waktu. Cukup cari saja tempat sampah, dan buang sampahnya ke situ. JIka sedang dalam perjalanan dan tidak dapat menemukan tempat sampah, akan jauh lebih baik jika sampahnya disimpan terlebih dahulu.

Kedua adalah menghemat kertas. Pakailah kertas bekas jika ingin mencoret-coret atau belajar. Karena untuk memproduksi kertas dibutuhkan banyak pohon. Semakin banyak kertas terbuang, makin sia-sialah pohon2 yang telah ditebang tersebut.

Terakhir, menghemat penggunaan plastik, air, dan listrik. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Hadirin yang berbahagia,
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan. JIka ada kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin kurang lebihnya mohon maaf.

Buat KTP di kantor kecamatan.
Sampai jumpa di lain kesempatan.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Sampah Plastik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel