MAKALAH TUGAS BAHASA INDONESIA TENTANG PENYAKIT DEMAM BERDARAH


ABSTRAK


            Makalah ini bertujuan untuk mempublikasikan tentang apa itu DBD dan cara yang baik dalam pencegahan dan pengobatan DBD, makalah ini dapat membantu penurunan resiko kematian akibat DBD dengan pemberitahuan pengetahuan dini untuk mengupayakan penyempitan wilayah penyebaran nyamuk penyebar DBD dan informasi yang valid untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan akibat penyakit ini.

            Penyakit DBD sudah semakin menyebar dalam masyarakat, pembawa penyakit tersebut yaitu nyamuk Aedes aegypti menyebar di genangan air jernih dan larva maupun nyamuk dewasa mampu hidup pada suhu udara 8-370 C atau pada kondisi ruangan yang bersuhu hangat dan lembab (Moehammadi, 2005).
            Dengan informasi yang terdapat dalam makalah ini diharapkan pengetahuan masyarakat bertambah tentang cara penanggulangan penyakit DBD,
Kata kunci : penyakit DBD, pencegahan DBD, pengobatan DBD
.


BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Iklim di Indonesia adalah beriklim tropis yang terdapat berbagai vektor penyakit di Indonesia, salah satunya adalah vektor nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue. Nyamuk Aedes aegypti menyebar di genangan air jernih dan larva maupun nyamuk dewasa mampu hidup pada suhu udara 8-370 C atau pada kondisi ruangan yang bersuhu hangat dan lembab (Moehammadi, 2005), Pertama kali terjadi penyakit demam berdarah dengue di Indonesia yaitu di Surabaya dan di Jakarta.
Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) atau dalam bahasa medisnya disebut juga dengan Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang menggigit seseorang dan menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, sehingga mengakibatkan perdarahan-perdarahan.
B.   Rumusan Masalah
a.     Bagaimana cara mengetahui seseorang terkena penyakit DBD
b.     Bagaimana solusi pencegahan DBD
c.     Bagaimana DBD dapat di obati
C.   Tujuan
a.     Memberikan pemahaman seputar penyakit DBD
b.     Menyediakan cara yang baik untuk mencegah DBD
c.     Pemberian pengetahuan yang cukup tentang pengobatan penyakit DBD

BAB II
PEMBAHASAN
A.   Pengertian Demam Berdarah
Demam berdarah dengue (DBD) dalam bahasa medis disebut Dengue Hemorrhagic Fever(DHF) adalah penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue melalui perantara nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictu yang menggigit seseorang. DBD dapat menyerang siapa saja, terlebih seseorang dengan sistem imun yang lemah.
Penyakit DBD banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropi, seperti Asia Tenggara, India, Brazil, Amerika dan di Indonesia, kecuali tempat yang memiliki ketinggian 100 meter diatas permukaan air laut. Di Indonesia sendiri tepatnya di Surabaya setiap tahunnya pasti terjadi kasus  yang juga tinggi.
Morbiditas dan mortalitas demam berdarah dengue bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa vektor, yaitu status imunologgi penderita, kepadatan vektor nyamuk, transmisi virus dengue, virilensi virus dan kondisi geografis setempat. Tidak terdapat perbedaan jenis kelamin penderita, tetapi kematian mudah ditemukan pada anak perempuan.
B.   Cara mengetahui seseorang terkena penyakit DBD
Demam berdarah dengue (DBD) dapat menyerang seseorang ketika system imun yang lemah dan di tandai oleh empat gejala utama yaitu demam tinggi, manifestasi perdarahan, hematomegali tanpa atau disertai renjatan, dan dua kelainan laboratorium utama yaitu trombositopenia dan hemokonsentrasi. Kecurigaan dapat terjadi saat demam disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit kepala, nyeri di bagian belakang mata, nyeri otot, nyeri tulang, ruam(bercak merah) di kulit, serta ada tanda pendarahan misalnya mimisan dan kadar leukosit atau sel darah putih yang rendah, ada tetangga yang diketahui positif demam berdarah dengue.
C.   Solusi pencegahan DBD
1.     Menggunakan teknologi bakteri Wolbachia.
2.     Bersihkan bak mandi seminggu sekali.
3.     Gunakan kasa nyamuk.
4.     Pastikan tidak ada sampah yang menumpuk.
5.     Jangan menumpuk atau menggantung pakaian terlalu lama.
6.     Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu.
7.     Lakukan 3M (menutup, menguras, dan mengubur)
D.   DBD dapat terobati
1.     Minum vitamin agar imun tubuh dapat terjaga dengan baik.
2.     Menambah jumlah trombosit salah satunya dengan mengkonsumsi jambu biji.

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang bisa membahayakan nyawa manusia, maka pencegahan akan penyakit ini harus di publikasikan secara menyeluruh, bila pencegahan bisa dilakukan dengan benar penyakit ini akan mudah untuk di kendalikan penyebarannya, dan dengan publikasi cara mengobati penyakit ini secara massal dapat menurunkan tingkat kematian akibat penyakit ini.

Belum ada Komentar untuk "MAKALAH TUGAS BAHASA INDONESIA TENTANG PENYAKIT DEMAM BERDARAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel