Pengertian Martabat Manusia dalam Islam


Pengertian Martabat

Menurut kamus bahasa Indonesia, martabat adalah harga diri atau tingkatan harkat kemanusiaan dan kedudukan yang terhormat. Martabat adalah kehormatan, dan martabat ini merupakan bagian dari sifat manusia. Allah SWT menempatkan manusia sebagai khalifah dimuka bumi dan memberikan kedudukan kemuliaan dan martabat kepada manusia hingga memiliki derajad yang tinggi dan bahkan lebih tinggi dari malaikat sehingga malaikat pun bersujud dihadapan manusia.

Martabat Manusia dalam Islam

Martabat saling berkaitan dengan tingkatan, maksudnya adalah secara dasarnya tingkatan merupakan tingkatan martabat seseorang hamba terhadap khalikNya, yang juga merupakan sesuatu keadaan tingkatannya seseorang sufi di hadapan tuhannya pada saat dalam perjalanan spiritual dalam beribadah kepada Allah SWT. Tingkatan ini terdiri dari beberapa tingkat atau tahapan seseorang dalam hasil ibadahnya yang diwujudkan dengan pelaksanaan dzikir pada tingkatan tingkatan tersebut. 

Secara umum dalam thariqat naqsyabandi tingkatan tingkatan ini jumlahnya ada 7 (tujuh) yang dikenal juga dengan nama martabat tujuh, seseorang hamba yang menempuh perjalanan dzikir ini biasanya melalui bimbingan dari seseorangyang alim yang paham akan isi dari tingkatan ini setiap tingkatnya, seseorang hamba tidak dibenarkan sembarangan menggunakan tahapan tingkatan ini sebelum menyelesaikan atau ada hasilnya pada riyadhah dzikir pada setiap tingkatan, ia harus ada mendapat hasil dari amalan pada tingkatan tersebut.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Martabat Manusia dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel