Pengertian Mikrokomputer Workstation Minikomputer Mainframe Superkomputer

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam ilmu mengenai komputer, kita mengenal banyak jenis jenis komputer. Jenis komputer ini biasanya dibedakan dan didefinisikan berdasarkan fungsi utama dan kegunaan dari masing – masing komputer tersebut. Selain itu beberapa komputer juga seringkali dibedakan berdasarkan peranannya di dalam sebuah jaringan komputer. Meskipun pada literatul dan juga beberapa teori lain mengatakan masih banyak lagi jenis komputer lainnya, berikut 5 jenis komputer tersebut :
·        Personal Komputer / Mikrokomputer
·        Workstation
·        Minikomputer / Midrange Komputer
·        Mainframe
·        Superkomputer



BAB II
PEMBAHASAN

2.1             Personal Komputer
Personal komputer atau sering disebut juga Mikrokomputer pada awalnya jenis komputer ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan perorangan (Personal) baik dalam penyimpanan atau memproses data. Teknologi dan kemampuan yang dimiliki oleh sebuah personal memang sangat terbatas, sebagai contoh memori dalam personal komputer hanya berkisar antara 32 hingga 64 KB (Kilo Byte). Ciri utama sistem mikrokomputer yaitu hubungan antara komponen – komponennya secara bus / elektris. Bus disini berarti meneruskan data alamat – alamat (address) atau sinyal pengontrol. Keunggulan dari personal komputer yaitu harga yang relatif murah, bentuknya yang kecil, dan teknologi yang sudah dianggap memadai.

2.2             Workstation
Komputer Workstation adalah sebuah komputer yang khusus digunakan untuk mengoptimalkan pekerjaan yang spesifik. Komputer workstation banyak disandingkan dengan komputer client di dalam sebuah jaringan komputer, karena memiliki fungsi dan tujuan yang relative sama. Perbedaan yang komputer workstation dengan komputer client yaitu spesifikasinya. Untuk komputer workstation wajib memenuhi spesifikasi yang sudah ditentukan agar program yang digunakan, berjalan dengan lancar. Sedangkan komputer client tidak membutuhkan spesifikasi khusus, yang terpenting bisa terhubung ke jaringan.

2.3             Mini Komputer
Mini Komputer atau bisa disebut juga Midrange Komputer adalah komputer multi user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah bawah. Mini komputer mempunyai kemampuan lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer / microkomputer. Hal tersebut disebabkan karena microprosesor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan microprosesor yang digunakan pada personal komputer.
Mini komputer dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai atau multiuser, dan pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Karena kelebihan yang dimiliki mini komputer dibandingkan personal komputer maka bentuk fisik dari mini komputer lebih besar dibanding personal komputer hingga dapat sebesar almari.

2.4             Mainframe
Mainframe adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Hampir berupa pisahan dari unit supercomputer, namun tetap memiliki perbedaan dari jumlah processor dan memori yang digunakan. Jika super komputer lebih terfokus pada banyaknya processor dan memori, sedangkan mainframe lebih terfokus pada kapasitas penyimpanan yang besar dan jalur komunikasi yang banyak dan cepat.
Yang membedakan antara mainframe dengan mini komputer adalah dalam jumlah processor, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Maka dari itu dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibandingkan dangan mini komputer. Komputer ini menghabiskan daya listrik yang besar dan harganya pun juga sangat mahal.


2.5             Super Komputer
Super komputer adalah jenis komputer yang memimpin dunia dalam hal kapasitas proses, terutama kecepatan perhitungan. Super komputer digunakan untuk tugas perhitungan intensif seperti perhitungan intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim, pemodelan molekul, simulasi fisik, dan lain – lain. Dengan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan tugas banyak secara paralel dan juga detail rumit. Intinya super komputer ini adalah jenis komputer tertinggi dibandingkan jenis komputer komputer yang lain.
BAB III
KESIMPULAN
Dalam jenis jenis komputer terdapat tingkatan baik dalam hal pemrosesan maupun dalam hal penggunaan. Personal komputer merupakan jenis komputer yang paling bawah, biasanya personal komputer digunakan sebagai komputer rumahan atau komputer pribadi. Yang kedua terdapat workstation. Jenis komputer ini dapat disandingkan dengan komputer client, tetapi memliki fungsi yang lebih dibandingkan komputer client. Karena workstation digunakan untuk pekerjaan yang spesifik maka memliki spesifikasi khusus untuk membuat sebuah komputer workstation. Kemudian ketiga terdapat mini komputer. Jenis komputer ini digunakan secara multiuser pada saat yang bersamaan. Mini komputer cenderung digunakan pada suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.
Kemudian terdapat jenis komputer Mainframe. Pada umumnya mainframe digunakan untuk data sensus, riset penilitian, keperluan militer, bank, lembaga pendidikan, dan juga perusahaan asuransi.. Jenis komputer teratas yaitu disebut Super komputer. Jenis komputer ini biasanya digunakan untuk penilitian dan eksplorasi, seperti NASA untuk meluncurkan pesawat ulang-alik hingga eksplorasi ruang angkasa. Karena kekuatan pemrosesan data yang tinggi, jenis komputer ini juga digunakan dalam asal – usul alam semesta, fenomena alam gempa bumi, eksplorasi sumber daya alam, sifat dan tingkah badai, pengujian senjata nuklir.







BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

[1.] https://muhamadwahyutaufik.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-mikrokomputer-minikomputer.html

[2.] http://suci.ilearning.me/?p=68

[3.] http://www.murdockcruz.com/2016/12/09/pengertian-dan-perbedaan-dari-berbagai-jenis-komputer/#.Wn2sMcvhi00

https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/workstation

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Mikrokomputer Workstation Minikomputer Mainframe Superkomputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel